SOAL QUIZ SOFTSKILL
NAMA :
Ricki Yohanes Fajar
KELAS/NPM :
3EA27/16211116
1. Apa yang dimaksud segmentasi pasar adalah pengelompokkan pasar menjadi
kelompok-kelompok konsumen yg homogen, dimana tiap kelompok(bagian) dapat di
pilih sebagai pasar yang di tuju(ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk.
2. Sebutkan 4 peran segmentasi pasar
dalam marketing ?
Jawab :
· Memungkinkan kita untuk lebih fokus
masuk kepasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita
· Mendapatkan input mengenai peta
kompetisi dan posisi kita di pasar
· Merupakan basis bagi kita untuk
mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya
· Faktor kunci mengalahkan pesaing dalam
memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda
3. Jelaskan apa yang dimaksud
segmentasi pasar geografis dan demografis ?
Jawab :
a. Geografis : Segmen geografis adalah
pembagian pasar menjadi unit unit geografis yang berbeda. misalnya wilayah
negara, negara bagian, propinsi kota dan kepulauan
b. Demografis : sedangkan segmen
demografis adalah membagi pasar kedalam kelompok kelompok jenis berdasarkan
variable demografis, variable demografi adalah variable paling disuka oleh para
pemasar dijadikan dasar segmentasi ,pertama kebutuhan perilaku dan perilaku
pembelian umumnya dipengaruhi oleh variable demografi.
4. Jelaskan segmentasi pasar
berdasarkan kepuasan ?
Jawab : kepuasan konsumen dapat dibagi
menjadi 2 yaitu kepuasan fungsional yang mendapatkan kepuasan dari pemakaian
suatu produk dan kepuasan psikologikal yaitu kepuasan yang didapat dari pemakaian
atribut yang tidak berwujud seperti munculnya perasaan senang.
5. Sebutkan beberapa peran seseorang
dalam mempengaruhi keputusan seorang pembeli?
Jawab :
a. Initiator ( Pemberian gagasan untuk
mempengaruhi pembelian keputusan konsumen)
b. Influencer ( orang yang berusaha
memberikan dorongan terhadap gagasan yang telah ada)
c. Decider ( orang yang mengambil
keputusan dalam pembelian)
d. Purchaser ( orang yang melaksanakan
keputusan pembeli)
e. User ( pengguna dari barang yang
telah dibeli)
6. Sebutkan dan jelaskan tahap tahap
dalam proses keputusan pembeli ?
Jawab :
1) Pengenalan masalah (proses pembelian
dimulai saat pembeli mengenali masalah atau kebutuhan yang di picu oleh
rangsangan internal maupun eksternal seperti rasa lapar dan lain lain)
2) Pencarian informasi ( konsumen yang
terangsang kebutuhannya akan terdorong untuk mencari informasi yang lebih
banyak lagi)
3) Evaluasi alternatif ( konsumen lebih
memandang relevan produk yang beragam dan penting manfaatnya menurut mereka)
4) Keputusan pembelian( dalam tahap
evaluasi, para konsumen membentuk preferensi atas merek-merek yang ada di dalam
kumpulan pilihan. Faktor sikap orang lain dan situasi yang tidak dapat
diantisipasi yang dapat mengubah niat pembelian termasuk faktor-faktor penghambat
pembelian. Dalam melaksanakan niat pembelian, konsumen dapat membuat lima
sub-keputusan pembelian, yaitu: keputusan merek, keputusan pemasok, keputusan
kuantitas, keputusan waktu dan keputusan metode pembayaran)
5) Perilaku pasca pembelian (Para pemasar
harus memantau kepuasan pasca pembelian, tindakan pasca pembelian dan pemakaian
produk pasca pembelian, yang tujuan utamanya adalah agar konsumen melakukan
pembelian ulang)
7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
pengetahuan pembeli !
Jawab : semua informasi yang dimiliki
konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait
dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
8. Sebutkan 8 fungsi sikap konsumen !
Jawab :
(1) Utilitarian function : sikap
berfungsi sebagai penyesuaian sosial dan membantu individu merasa menjadi
bagian dari masyarakat.
(2) Knowledge function : sikap membantu
individu untuk memahami dunia, yang membawa keteraturan terhadap bermacam-macam
informasi yang perlu diasimilasikan dalam kehidupan sehari-hari.
(3) Value-expressive function : sikap
mengkomunikasikan nilai dan identitas yang dimiliki seseorang terhadap orang
lain.
(4) Ego defensive function : sikap
melindungi diri, menutupi kesalahan, agresi, dsb dalam rangka mempertahankan diri.
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
sumber daya temporal dan sementara ?
Jawab :
· Sumber daya temporal (Salah satu
variabel yang paling individual dari perilaku manusia berhubungan dengan
bagaimana orang menggunakan anggaran waktu mereka.
· Sumber daya kognitif (Sumber daya
kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan
berbagai kegiatan pengolahan informasi. Kapasitas adalah sumber daya yang
terbatas. Dapat mengelola hanya sejumlah tertentu informasi pada satu waktu.
10. Jelaskan pengertian perilaku
konsumen menurut john c mawen michael minor dan engel, blackwell, dan miniard?
Jawab :
· John c mawen dan michael minor : studi
tentang unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan
perolehan, konsumsi berbagai produk,jasa dan pengalaman serta ide-ide.
· Engel, blackwell dan miniard :
tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan
menghabiskan produk dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan
mengikuti tindakan ini.
11. Sebutkan dan jelaskan factor –
factor yang mempengaruhi perilaku konsumen !
Jawab :
· Faktor budaya
Budaya, sub-budaya, dan kelas sosial
sangat penting bagi perilaku pembelian. Budaya merupakan penentu keinginan dan
perilaku pembentuk paling dasar. Anak-anak yang sedang tumbuh mendapatkan
seperangkat nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku dari keluarga dan
lembaga-lembaga penting lainnya.
· Faktor sosial
Selain faktor budaya, perilaku konsumen
di pengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok acuan, keluarga,
peran, dan status sosial. Kelompok acuan terdiri dari semua kelompok yang
memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku
orang tersebut.
· Faktor pribadi
Keputusan membeli juga di pengaruhi oleh
karakteristik pribadi. Karakteristik tersebut meliputi usia dan tahap dalam
siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri, juga
nilai dan gaya hidup pembeli.
· Faktor psikologi
Titik awal untuk memahami perilaku
konsumen adalah adanya rangsangan pemasaran luar seperti ekonomi, teknologi,
politik, budaya. Satu perangkat psikologi berkombinasi dengan karakteristik
konsumen tertentu untuk menghasilkan proses keputusan dan keputusan pembelian.
Tugas pemasar adalah memahami apa yang terjadi dalam kesadaran konsumen antara
datangnya rangsangan pemasaran luar dengan keputusan pembelian akhir. Empat
proses psikologis (motivasi, persepsi, ingatan dan pembelajaran) secara
fundamental, mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap rangsangan pemasaran.
12. Sebutkan 5 tinggi rendahnya
status seseorang menurut Talcott Person !
1) Kriteria kelahiran: meliputi faktor
ras, jenis kelamin, kebangsawanan, dan sebagainya.
2) Kriteria kualitas pribadi : meliputi
kebijakan, kearifan, kesalehan, kecerdasan, usia dan sebagainya.
3) Kriteria prestasi : meliputi
kesuksesan usaha, pangkat dalam pekerjaan, prestasi belajar, prestasi kerja,
dan sebagainya.
4) Kriteria pemilikan: meliputi kekayaan
akan uang dan harta benda.
5) Kriteria otoritas : yaitu kemampuan
untuk mempengaruhi pihak lain sehingga pihak lain tersebut bertindak seperti
yang diinginkan.
13. Jelaskan pengukuran kelas sosial
menurut Aristoteles dan Karl Max !
Jawab :
Aristoteles membagi masyarakat secara
ekonomi menjadi 3 kelas (golongan), yaitu:
· Golongan Pertama (Golongan Sangat
Kaya)
Merupakan golongan dengan jumlah yang
terkecil (sedikit) di dalam masyarakat. Golongan ini terdiri dari para
pengusaha, tuan tanah, dan bangsawan.
· Golongan Kedua (Golongan Kaya)
Merupakan golongan dengan jumlah yang cukup
banyak di dalam masyarakat. Golongan ini terdiri dari para pedagang, dsbnya.
· Golongan Ketiga (Golongan Miskin)
Merupakan golongan dengan jumlah
terbanyak di dalam masyarakat. Golongan ini terdiri dari rakyat-rakyat biasa.
Karl Marx juga membagi masyarakat
menjadi 3 kelas (golongan), yaitu:
· Golongan Kapitalis (Borjuis)
Merupakan golongan yang terdiri dari
para penguasa tanah dan alat produksi.
· Golongan Menengah
Merupakan golongan yang terdiri dari
para pegawai pemerintah. Golongan menengah cenderung dimasukkan ke dalam
golongan kapitalis, karena dalam kenyataannya golongan ini adalah pembela setia
kaum kapitalis.
· Golongan Proletar
Merupakan golongan yang tidak memiliki
tanah dan alat produksi. Termasuk kaum buruh dan pekerja pabrik.
14. Jelaskan pembagian kelas sosial
berdasarkan status sosial ! berikan contohnya !
Jawab :
Kelas sosial timbul karena adanya
perbedaan dalam pernghormatan dan situasi sosialnya. Contoh masyarakat bali,
masyarakatnya dibagi ke dalam 4 kasta yakni Brahmana, Satria, Waisya dan Sudra.
Ketiga kasta pertama disebut Triwangsa. Kasta keempat disebut Jaba. Sebagai
tanda pengenalannya dapat kita temukan dari gelar seseorang. Gelar Ida bagus
dipakai oleh kasta Brahmana, gelar cokorda, Dewa, Ngakan dipakai oleh kasta Satria.
Gelar Bagus, I Gusti dan Gusti dipakai oleh kasta Waisya, sedangkan gelar
Pande, Khon, pasek dipakai oleh kasta Sudra.
15. Jelaskan apa yang dimaksud
pengaruh individu terhadap perilaku konsumen !
Jawab : tenaga pendorong dalam diri
individu yang memaksa mereka untuk bertindak . tenaga pendorong tersebut
dihasilkan oleh keadaan tertekan, yang timbul sebagai akibat kebutuhan yang
tidak terpenuhi. Individu secara sadar maupun tanpa sadar berjuang mengurangi
melalui prilaku yang mereka harapankan akan memenuhi kebutuhan mereka dan
demikian akan membebaskan mereka dari tekanan yang mereka rasakan.
16. Sebutkan dan jelaskan 5 peranan
dalam pengambilan keputusan konsumsi keluarga?
Jawab :
1) Penjaga pintu (gatekeeper). Inisiator
pemikiran keluarga mengenai pembelian produk dan pengumpulan informasi untuk
membantu pengambilan keputusan
2) Pemberi pengaruh (influencer).
Individu yang opininya dicari sehubungan dengan kriteria yang harus digunakan
oleh keluarga dalam pembelian dan produk atau merek mana yang paling mungkin
cocok dengan kriteria evaluasi itu
3) Pengambil keputusan (decider). Orang
dengan wewenang dan / atau kekuasaan keuangan untuk memilih bagaimana uang
keluarga akan dibelanjakan dan produk atau merek mana yang yang akan dipilih.
4) Pembeli (buyer). Orang yang bertindak
sebagai agen pembelian: yang mengunjungi toko, menghubungi penyuplai, menulis
cek, membawa produk kerumah, dan seterusnya.
5) Pemakai (user). Orang yang
menggunakan produk
17. Sebutkan 3 faktor situasi
konsumen?
Jawab :
· Situasi Komunikasi
· Situasi Pembelian
· Situasi Pemakaian
18. Jelaskan pengertian konsumen
menurut philip kotler?
Jawab : semua individu dan rumah tangga
yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.
19. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
sikap, motivasi dan konsep ?
Jawab :
· Sikap dalam kamus marketing (1995)
juga didefinisikan sebagai kondisi mental atau akal budi tertentu yang
mencerminkan suatu pandangan pribadi yang negative atau positif mengenai suatu
obyek atau konsep atau suatu keadaan acuh tak acuh yang menunjukan titik tengah
(mid point) diantara dua titik ataupun dua pokok yang saling berlawanan
· konsep diri adalah semua ide, pikiran,
kepercayaan dan pendirian yang diketahui individu tentang dirinya dan mempengaruhi
individu dalam berhubungan dengan orang lain. Hal ini termasuk persepsi
individu akan sifat dan kemampuannya, interaksi dengan orang lain dan
lingkungan, nilai-nilai yang berkaitan dengan pengalaman dan objek, tujuan
serta keinginannya
· Motivasi konsumen yang dilakukan oleh
produsen sangat erat sekali berhubungan dengan kepuasaan konsumen. Untuk itu
perusahaan selalu berusaha untuk membangun kepuasan konsumen dengan berbagai
kebutuhan dan tujuan dalam konteks perilaku konsumen dengan berbagai kebutuhan
dan tujuan dalam konteks perilaku konsumen mempunyai peranan penting karena
motivasi timbul karena adanya kebutuhan yang belum terpenuhi dan tujuan yang
ingin dicapai. Kebutuhan menunjukkan kekurangan yang dialami seseorang pada
suatu waktu tertentu. Kebutuhan di pandang sebagai penggerak atau pembangkit
perilaku. Artinya jika kebutuhan akibat kekurangan itu muncul, maka individu
lebih peka terhadap usaha motivasi para konsumen.
20. Jelaskan apa yang dimaksud
pengaruh kebudayaan terhadap perilaku konsumen?
Jawab : Budaya mengacu pada seperangkat nilai,
gagasan, artefak dan simbol yang mempunyai makna, yang membantu individu
berkomunikasi, memberikan tafsiran serta melakukan evaluasi. Budaya tidak hanya
bersifat naluriah saja, namun budaya memberikan dampak pada perilaku yang dapat
diterima didalam masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar